google.com, pub-8027005344017676, DIRECT, f08c47fec0942fa0

FOTO LANGKA Tentara Belanda Meninggalkan Yogyakarta

SoekarnoPada tanggal 25 Juni 1949, rombongan pasukan Belanda pertama telah meninggalkan daerah Yogyakarta. Gelombang pertama adalah pasukan-pasukan yang berkedudukan di Wonosari, bagian Yogya sebelah timur. Para pasukan tersebut diangkut dengan menggunakan truk-truk dengan kawalan bren carrier seperti yang nampak disini.
Pemberangkatan tentara belanda dari Wonosari ini disaksikan oleh kolonel Van Langen, seorang komandan tentara Belanda yang ada di Jogja dan opsir-opsir dari UNCI atau United Nations Commisioner for Indonesia (PBB). Tidak ada satupun insiden yang terjadi pada hari itu.




Komandan Wehrkreise III Jogja, Letnan Kolonel Soeharto memberikan laporan kepada Sri Sultan Hamengkubuwono IX (Ndoro Djatun), selaku koordinator keamanan dalam negeri, bahwa tentara Belanda sudah mengosongkan kota dan TNI siap memasuki kota Yogyakarta. Tentara Belanda yang terakhir keluar dari Jogja,  pada tanggal 29 Juni 1949 pada pagi hari.


Sri Sultan Hamengkubuwono IX, wakil kepala polisi negara Sumarto sedang bersiap-siap mengurus kembalinya TNI ke kota Yogjakarta. Sebelum TNI memasuki kota Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono ke sembilan masih tampak terlibat lagi dalam pembicaraan yang serius dengan opsir komisi PBB atau UNCI yaitu United Nations Commisioner for Indonesia.


TNI mulai memasuki kota Yogyakarta, dari seluruh penjuru. Kegembiraan terpancar dari wajah-wajah mereka. namun meskipun demikian, mereka mendapat perintah untuk tetap bersikap waspada dan tidak boleh lengah jika sewaktu-waktu terjadi serangan yang tidak dapat di elakkan.


Letnan kolonel Soeharto, sambil beristirahat memperhatikan pasukan-pasukan yang sedang bergerak memasuki kota Yogyakarta.


Sunyi dan ngeri keadaan jalanan di seluruh penjuru kota Yogyakarta, pada 29 Juni 1949 itu. Tentara Belanda bersiap mengundurkan diri dari kota. Tidak ada seorang penduduk yang diperbolehkan untuk keluar rumah. Larangan ini berlaku 24 jam lamanya, untuk mencegah timbulnya kejadian-kejadian yang tidak diharapkan.


Tentara Belanda yang saat itu bersiap-siap hendak meninggalkan kota Yogyakarta, terkonsentrasi berkumpul ditengah kota, disekitaran tugu. Dalam hati mereka juga gembira, karena merasa lepas dari suatu tugas berat yang penuh resiko, yang mereka sendiri tidak tahu apa tujuannya.


Mereka adalah anggota TNI Wehrkreise III  yang sedang memasuki kota. Setiap tentara Belanda mundur 100 langkah, merekapun akan maju 100 langkah pula. Begitulah instruksi-instruksi yang harus mereka patuhi.


Pasukan-pasukan polisi dan tentara, dibawah pimpinan Letnan Mas Subagyo dan Norman telah berhasil memasuki koya Yogyakarta dari arah selatan. Aneka ragam pakaian dan senjatanya, tetapi satu jua tekad mereka.


Pasukan-pasukan Polisi yang baru saja datang dari luar Yogyakarta. Pak Sumarto, wakil kepala kepolisian negara memberi hormat dalam suatu apel konsolidasi.


Tidak diketahui, rombongan ini pasukan TNI dari angkatan mana. Yang pasti, mereka adalah pahlawan-pahlawan pembela Republik, yang baru saja tiba ke kota yogyakarta dari daerah gerilyanya masing-masing. Rakyat menyambutnya disepanjang jalan Malioboro Yogyakarta.


Djokjakarta menjadi termasyur oleh karena jiwa- kemerdekaannya. Hidupkanlah terus jiwa- kemerdekaan itu.
-Soekarno-



Sumber: Album perjuangan kemerdekaan 1945-1950 (Koleksi Pribadi).



11 komentar:

  1. With your presentation, you make it appear so simple, but I find this subject to be one that I believe I will never understand.
    It appears to be far too sophisticated and vast for me.
    I'm looking forward to reading your future post,
    I'll make an effort to grasp it!
    movavi slideshow maker crack
    lightwave crack license key
    gamesgod of war pc cd crack
    internet download manager crack

    BalasHapus
  2. I was very happy when I found this place on the Internet.
    I have to thank you at least once for this amazing read !!
    I definitely liked it a bit and you saved it too
    See something new on your site as a favorite
    daemon tools lite crack
    tenorshare icarefone crack
    hot door cadtools crack
    office tab enterprise crack

    BalasHapus
  3. Yes, I'd want to ask whether you know of an online community that covers the same issues as this article.
    I'd love to be involved.
    of a community where people are able to learn from others who share their interests and knowledge.
    Please share your thoughts with us if you have any. That's so kind of you!
    adobe bridge crack
    smart shooter crack
    iobit malware fighter pro crack
    sam dj crack

    BalasHapus
  4. Your site has a great design. Colors and themes that appear!
    Is this your job? Please answer again because I want to build it myself.
    and I want to know where you are on this page
    The item's name comes from this location.
    Honestly,
    brave browser crack
    kms activator crack
    driver booster pro crack
    hasleo disk clone crack

    BalasHapus
  5. in Mykonos, which has since been dedicated to creating first-class travel and entertainment experiences, providing lifestyle management and concierge services, making our guests stay on the magical island of Mykonos a unique experience when they live life to the fullest.
    safe and pleasant. and an unforgettable holiday during your stay in Mykono
    kaspersky system checker crack
    among us crack
    topaz denoise ai crack
    bulk image downloader crack

    BalasHapus
  6. I am very impressed with your post because this post is very beneficial for me and provide a new knowledge to me.
    eFootball PES 2020 Crack
    magix photostory deluxe crack

    BalasHapus
  7. I am very impressed with your post because this post is very beneficial for me and provide a new knowledge to me. this blog has detailed information, its much more to learn from your blog post.I would like to thank you for the effort you put into writing this page.
    I also hope that you will be able to check the same high-quality content later.Good work with the hard work you have done I appreciate your work thanks for sharing it. It Is very Wounder Full Post.This article is very helpful, I wondered about this amazing article.. This is very informative.
    “you are doing a great job, and give us up to dated information”.
    cyberlink-power2go-platinum-crack/
    cash-register-pro-crack/
    system-mechanic-pro-crack/
    paperscan-professional-crack/
    total-commander-ultima-prime-crack/
    abelssoft-gclean-crack/

    BalasHapus
  8. I like your all post. You have done really good work. Thank you for the information you provide, it helped me a lot. I hope to have many more entries or so from you.
    Very interesting blog.
    Virtual DJ Pro Infinity Crack
    Adobe Acrobat Pro DC Crack
    Hot Door CADtools Crack
    DocuFreezer Crack
    BS.Player Pro Crack
    NetSetMan Pro Crack

    BalasHapus
  9. Tenorshare 4uKey Crack is a dependable and easy-to-use outsider programming that is intended to open iOS gadgets. One of its modules will effectively open the gadget password and it can open all passwords from 4-digit/6-digit to Face ID and Touch ID.
    Rosetta Stone Crack is unmistakably the most imperative title in lingo learning. Throughout quite a while, the organization has constructed its reputation as a group of lingo learning.
    FPS Monitor Crack is PC tracking and hardware current position measuring Windows tool. Here, display your valuable information while connecting.

    BalasHapus
  10. This is a very helpful site for anyone, each and every man can easily operate this site and can get the overview of your website is pretty good. Your work is amazing.
    Adguard Premium Crack
    DocuFreezer Crack
    CamScanner Pro Crack

    BalasHapus

Aku bersemboyan, Biar melati dan mawar dan kenanga dan cempaka dan semua bunga mekar bersama di taman sari Indonesia.
[Pidato HUT Proklamasi, 1964_Soekarno]